25.4 C
New York
Friday, July 12, 2024

Harga Tomat di Pasar Dwikora Turun, Sentuh Rp4.000 per Kilogram

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Harga tomat di Kota Pematangsiantar sejak sepekan terakhir ini mengalami penurunan yang cukup drastis. Bahkan saat ini harganya menjadi Rp3.000 hingga Rp4.000 per kilogram. Padahal sebelumnya mencapai Rp8.000-Rp10.000 per kilogramnya.

Salah satu pedagang sayur mayur di pasar tradisional Dwikora, Berliana Butarbutar mengatakan harga tomat mengalami penurunan signifikan dari yang awalnya Rp8.000-Rp10.000 per kilogram kini turun menjadi Rp3.000-Rp4.000 per kilogram.

“Sebelumnya tinggi. Sekarang Rp4.000 per kilogram saya jual dengan tomat yang berkualitas baik,” ujarnya kepada Mistar.id Jumat (12/7/24).

Baca juga: Harga Merosot Tajam, Petani Taput Enggan Panen Tomat

Dia menjelaskan harga tomat memang sudah murah sejak dari petani. Informasi yang dia dapatkan harga tomat murah karena sedang masa panen.

“Ini katanya petani sedang panen,” kata dia.

Harga tomat turun secara signifikan itu turut mempengaruhi jumlah dagangannya saat ini banyak pembeli yang memborong tomat karena murah.

“Pengaruh, pembeli jadi banyak,” ucapnya.

Pedagang lainnya, Roida Sinaga menambahkan, bisa jadi ada beberapa faktor yang membuat harga tomat anjlok. Ditambah lagi faktor cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu.

Baca juga: Pasca Idul Adha 2024, Harga Tomat Merosot di Medan

“Apalagi sekarang cuaca tak tentu, kadang hujan kadang panas, tomat itu perawatannya kan harus ekstra. Belum lagi soal permainan harga dari pengepul dan banyak persaingan dengan petani-petani tomat lainnya, dan tomat ini berasal dari kabupaten Simalungun,” pungkas Roida.

Related Articles

Latest Articles